Selasa, 13 Maret 2012

Kwarnas Pramuka Bentuk Saka Pariwisata

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan kemampuan anggota gerakan pramuka di bidang kepariwisataan.
“Penandatanganan kerjasama ini sejalan dengan program Kemenparekraf untuk memajukan pariwisata nasional dengan melibatkan masyarakat, dengan adanya Saka Pariwisata ini, kami berharap anggota Pramuka bisa ikut ambil bagian mempromosikan pariwisata kita,” kata Menparekraf, Mari Elka Pangestu, saat sambutannya usai penandatanganan MoU di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (27/2/12). Kegiatan itu disaksikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Malaranggeng.
Mari Elka Pangestu menjelaskan, Saka Pariwisata ini merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata yang meliputi Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata.
“Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program Sadar Wisata Kemenparekraf yang berprinsip pada Sapta Pesona yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir,” jelas Mari.
Sementara itu Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengungkapkan potensi generasi muda Indonesia sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak lima tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka hingga lebih dari 500 ribu anggota.
Sebagai sarana pendidikan non formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa, kita sangat perihatin dengan perilaku banyaknya generasi muda yang memiliki masalah, mulai penggunaan obat terlarang hingga perilaku kriminal, dan kami pikir tepat sekali adanya kerjasama dengan Kemenparekraf ini, ujar Azrul Azwar.
Sementara Menpora Andi A Malaranggeng menyatakan sangat mengapresiasi adanya MoU ini, Kemenparekraf adalah tempatnya anak-anak muda yang berfikir kreatif termasuk Gerakan Pramuka untuk turut berperan aktif mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar